Jurusan Kuliah Kesehatan yang Memiliki Peluang Kerja Terbaik

Artikel terkait : Jurusan Kuliah Kesehatan yang Memiliki Peluang Kerja Terbaik

Buat temen-temen yang saat ini berada di kelas XII SMA ataupun SMK, saat ini kalian sudah harus mulai menentukan dan memantapkan hati untuk melangkah lanjut ke jenjang pendidikan Universitas. Buat para orang tua juga sudah harus menyimpan pilihan jurusan kuliah yang tepat dong pastinya? Nah, mudah-mudahan artikel tentang "Jurusan Kesehatan Terbaik dan Memiliki Prospek Baik di Tahun 2017" ini dapat memberikan gambaran dan menambah wawasan bapak / ibu dalam menentukan Pendidikan yang terbaik buat anaknya.

Artikel ini memang tanpa data pendukung, tapi penulis menarik argumen ini berdasarkan kenyataan yang terjadi saat ini. Karena kebetulan penulis juga seorang tenaga kesehatan.
Jurusan Kuliah Kesehatan Terbaik dan Memiliki Peluang Kerja Besar Tahun ini
Baik, langsung saja ya kita bahas.. Oia, perlu pembaca ketahui bahwa ini argumen penulis ya.. Jadi tidak sepenuhnya benar. Jika ada kebaikan itu datangnya dari Alloh SWT, dan jika ada kekurangan itu pasti datangnya dari penulis, semoga pembaca setia dapat memaafkan. Satu lagi, tulisan ini tidak ada maksud diskriminasi profesi sama sekali, tapi harapan penulis supaya temen-temen atau bapak / ibu tidak terjebak dalam penyesalan dikarenakan salah memilih jurusan kuliah, khususnya kesehatan.

1. Jurusan Kedokteran
Dari dahulu sampai saat ini, jurusan Kedokteran tetap masih menjadi pilihan terbaik, baik dari segi keilmuan maupun kesempatan kerja setelah lulus nanti. Menurut penulis, untuk saat ini hampir tidak ada lulusan dokter yang menganggur. Lowongan kerjanyapun hampir setiap hari ada. Hmm enak kan kuliah dokter?

2. Jurusan Keperawatan
Hampir sama dengan jurusan Kedokteran, Keperawatan juga memiliki prospek lulusan dan lapangan kerja yang terbaik. Banyak sekali kebutuhan perawat setiap ada rekruitmen sebuah Rumah Sakit ataupun Klinik. Untuk saat ini daya serap lapangan kerja untuk lulusan perawat hampir kurang lebih 85%. Kenapa tidak nyampai 90% ya? Banyaknya Institusi atau Universitas yang menyelenggarakan perkuliahan Keperawatan boleh dibilang untuk beberapa tahun lagi mungkin daya serap lapangan kerjanya akan semakin menurun.

3. Jurusan Fisioterapi, Terapi Wicara dan Okupasi Terapi
Ya, siapa sangka ternyata tiga Jurusan Terapi ternyata memiliki peluang kerja yang cukup tinggi loh, kenapa? Sebab meskipun penerimaan di Rumah Sakit masih sedikit, tapi ternyata yang mendaftar jg sedikit, hal ini dikarenakan lulusan dan Universitas penyelenggara Jurusan Fisioterapi, Terapi Wicara dan Okupasi Terapi masih masih sedikit. Jadi kesempatan bersaing masih belum ketat, dibanding dengan Perawat dan Bidan yang saat ini mulai menjamur baik lulisannya maupun Universitas nya.

4. Jurusan Ahli Gizi
Sama juga dengan Jurusan Terapi, Ahli Gizi memang posisi di Rumah Sakit atau tempat pelayanan kesehatan lain masih sedikit, tapi pelamarnyapun masih sedikit juga. Peluang kerja ahli gizi bukan hanya di Rumah Sakit atau tempat pelayanan kesehatan tapi juga di Pabrik makanan, susu, BPOM, Laboratorium, dll. Peluang bukan?

5. Jurusan Farmasi (Apoteker & Asisten Apoteker)
Untuk saat ini, hampir penulis tidak menemukan lulusan Farmasi yang menganggur tidak mendapatkan lapangan pekerjaan. Kesempatan kerja buat lulusan Farmasi sangat besar, anda bisa kerja di Rumah Sakit, Klinik, Apotek, Pabrik obat, dll.

6. Jurusan Analis Kesehatan
Memang posisi di Rumah Sakit juga masih cukup kecil, tapi dibanding dengan Ahli Gizi, peluang kerja Analis Kesehatan juga besar loh, jumlahnya untuk setiap rumah Sakit bisa lebih dari 20 orang loh.. Kesempatan kerja juga bisa di Klinik, Perusahaan obat, Laboratorium, dll. Menurut data penerimaan PNS Tahun 2014 untuk posisi Analis Kesehatan cukup besar loh, dibanding dengan pelamarnya kurang lebih 1:50, dibanding dengan perawat yang kurang lebih 1:150.

7. Jurusan Kesehatan Lingkungan
Untuk Jurusan ini institusi penyelenggaranya masih cukup sedikit, dan sepertinya tidak akan bertambah. Tentunya hal ini jadi kesempatan dong buat temen-temen yang pingin lulus kuliah langsung bekerja? Sebagai Sanitarian lapangan kerjanya pun cukup banyak, setiap rumah sakit pasti ada Jurusan Keslingnya, Dinas Kesehatan, serta Balai Pengobatan.

8. Jurusan Elektromedik
Untuk Jurusan ini, memang Institusi penyelenggaranya maaih cukup sedikit, tapi justru ini memberikan kesempatan serta peluang kerja yang besar bagi lulusan Jurusan Elektromedik.

Itulah beberapa Jurusan Kuliah Kesehatan Tetbauk dengan Peluang dan Prospek Kerja Terbaik untuk tahun ini. Tentunya para pembaca akan bertanya-tanya mengapa penulis tidak menyebutkan jurusan Kebidanan dan Kesehatan Masyarakat? Untuk saat ini kita tau bersama lulusan Kebidanan sangat hampir berjibun, Institusi penyelenggaranya pun menjamur, maka tidak salah jika para lulusan bidan saat ini masih banyak yang menganggur dan beralih profesi lain. Hampir saya sering menemui beberapa lulusan bidan yang menyesal mengambil Jurusan ini. Demikian pula untuk Jurusan Kesehatan Masyarakat, meskipun Institusi penyelenggaranya masih sedikit, tapi peluang kerjanya juga sangat sedikit, jadi masih agak susah untuk menerapkan ilmunya.

Demikianlah yang bisa penulis sampaikan, semoga artikel tentang Jurusan Kuliah Terbaik dengan Peluang Kerja yang Luas bermanfaat dan dapat memberikan wawasan untuk para pembaca sekalian.

Salam hangat dari penulis..


Artikel SITUS MEDIS Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 SITUS MEDIS | Design by Bamz