Fakta Unik Tentang Asuransi BPJS Kesehatan

Artikel terkait : Fakta Unik Tentang Asuransi BPJS Kesehatan

Sudah saatnya semua warga Indonesia saat ini untuk hidup bahagia, pasalnya dengan adanya Jaminan Kesehatan yang saat ini dimiliki Indonesia yaitu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) saat ini warga Indonesia khususnya warga yang tidak mampu dapat berobat ke fasilitas kesehatan yang diperlukan secara gratis dan tanpa dipungut biaya tambahan sedikitpun. Kecuali untuk masyarakat atau warga kelas menengah keatas maka anda bukan termasuk sebagai Penerima Bantuan Iuan (PBI). Jadi anda diwajibkan untuk berpartisipasi dalam program jaminan kesehatan ini sesuai dengan kemampuan dan keinginan.

BPJS Kesehatan dibagi menjadi 2 jenis yaitu yang pertama BPJS PBI dan yang kedua adalah BPJS Non PBI. BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran) artinya Program Asuransi Kesehatan Pemerintah yang khusus ditujukan untuk Warga Indonesia yang kurang mampu atau kelas menengah kebawah. Sedangkan BPJS Non PBI (Bukan Penerima Bantuan Iuran) adalah Progam Asuransi Kesehatan Pemerintah yang mana masyarakat dituntut untuk ikut serta dan berpartisipasi aktif dengan iuran sesuai kelas yang dipilih. Harapannya yang mampu dapat menolong yang tidak mampu sedangkan yang tidak mampu agar dapat berobat dengan maksimal sesuai dengan kebutuhan pengobatan bagi penyakitnya.
Fakta Unik Tentang Asuransi Kesehatan BPJS di Indonesia

Namun tahukah anda bahwa ada Kelebihan dan Kekurangan dari Program Asuransi BPJS? Pada kesempatan ini, penulis akan coba berbagi tentang beberapa Fakta Unik Tentang Asuransi BPJS Kesehatan di Indonesia.

Iuran Peserta BPJS adalah Yang Paling Murah Dibandingkan Dengan Asuransi Kesehatan Lain.
Ya, sepertinya untuk urusan iuran asuransi kesehatan yang paling murah di Indonesia saat ini adalah BPJS Kesehatan. Iuran untuk kelas III hanya Rp. 25.500,- per bulan, kelas II Rp. 51.000,- dan kelas I Rp. 80.000,- Cukup murah kan? bila dibandingkan dengan asuransi kesehatan lainnya.

Asuransi BPJS Akan Mulai Aktif Setelah 7 Hari Sejak Pendaftaran.
Berbeda dengan asuransi kesehatan lain, di BPJS Kesehatan ketika anda sedang sakit, anda boleh daftar menjadi peserta BPJS namun biaya anda baru mulai akan dicover setelah Kartu BPJS Kesehatan anda aktif. Lalu berapa hari wakatu yang dibutuhkan untuk mengaktifkan kartu BPJS? Waktu yang dibutuhkan untuk Kartu BPJS aktif cukup singkat yaitu hanya 7 hari. Berbeda dengan penyedia Asuransi kesehatan lain, ketika anda mulai sakit, apalagi jenis sakit yang kronis, maka anda tidak diperbolehkan untuk daftar asuransi kesehatan tersebut.

Sistem Klaim Asuransi Kesehatan BPJS Sangat Cepat dan Boleh Bibilang Otomoatis.
Ya, berbeda dengan dengan asuransi kesehatan lain, untuk klaim dan pembayaran biaya perawatan akan langsung secara otomatis diurus oleh pihak rumah sakit yang bersangkutan. Pasien hanya daftar sesuai dengan persyaratan tanpa perlu melakukan klaim lagi ke pihak BPJS Kesehatan. Nah, sedangkan pada asuransi kesehatan lain, maka anda harus membayar dahulu ke pihak rumah sakit dan perlu melakukan klaim ke agen atau kantor penyedia asuransi kesehatan dan diurus barulah uang klaim akan dibayarkan.

Berobat Menggunakan Kartu BPJS Gratis dan Tidak Ada Tambahan Biaya Apapun Kepada Rumah Sakit.
Benar sekali bahwa ketika anda berobat menggunakan Kartu BPJS baik di Klinik, Puskesmas, maupun Rrumah Sakit, anda tidak perlu memembayar atau mengeluarkan DP dahulu, anda hanya mengeluarkan uang untuk biaya foto copy persyaratan daftar BPJS, biaya makan penunggu pasien dan perlengkapan mandi pasien seperti: diapers, underpad, sabun cair, pasta dan sikat gigi, minyak kelapa, dll.

Tidak Semua Rumah Sakit Mau Meenerima Pasien dengan Asuransi Kesehatan BPJS.
Berbeda dengan Asuransi Kesehatan lain yang mana anda bebas menentukan mau dimana anda akan dirawat ketika anda sakit. Tapi ketika anda berobat dengan Kartu BPJS maka anda hanya bisa berobat pada penyedia layanan kesehatan yang bekerja sama dengan Asuransi BPJS Kesehatan.

Uang Iuran Asuransi BPJS Tidak Dapat Ditarik atau Diambil Kembali.
Pada asuransi BPJS, semua uang iuran yang anda berikan tidak bisa ditarik kembali walaupun anda tidak pernah memakainya sama sekali. Uang iuran anda juga bukan merupakan tabungan untuk masa depan, jadi sampai kapanpun uang iuran anda tidak akan bisa diambil. Berbeda dengan penyedia Asuransi Kesehatan lain, yang mana disana ada program tabungan dengan jangka waktu tertentu, anda akan mendapatkan tabungan dari Asuransi Kesehatan anda.
Bang Aderai aja pake Asuransi BPJS Kesehatan, kenapa anda ragu?



Nah, itulah beberapa Fakta Unik Tentang Asuransi BPJS Kesehatan di Indonesia. Semoga tulisan ini dapat menjadi manfaat bagi pembaca sekalian serta menambah wawasan dan informasi mengenai Asuransi BPJS Kesehatan yang ada di Indonesia. 

Salam dari tim situsmedis..

Artikel SITUS MEDIS Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 SITUS MEDIS | Design by Bamz