Benarkah Ibu Hamil Suka Minum Es Bikin Janin/Bayi Lahir Besar?

Artikel terkait : Benarkah Ibu Hamil Suka Minum Es Bikin Janin/Bayi Lahir Besar?

Seringkali kita dengar dari lingkungan kita, saudara kita, tetangga kita, mertua kita atau bahkan orang tua kita yang melarang kita untuk minum es saat kita hamil. Menurut mereka meminum es saat hamil akan membuat janin yang sedang dikandung ketika lahiran akan menjadi lebih besar sehingga susah untuk keluar. Benarkah demikian? Benarkah bayi lahir besar disebabkan karena ibu saat hamil suka mengkonsumsi es? Apakah benar banyak konsumsi air es saat hamil akan mempengaruhi ukuran janin / bayi saat lahir nanti? 

Nah, pada kesempatan ini ijinkan penulis untuk sedikit menyampaikan dan memaparkan Apakah ada hubungan antara sering minum air es dengan ukuran janin / bayi yang ibu kandung? Langsung saja ya..

Pada dasarnya anggapan atau statement "Apakah Sering Minum Air Es Dapat Membuat Ukuran Janin / Bayi Menjadi Lebih Besar?" itu hanyalah mitos dan ketakutan dari kita saja yang disampaikan turun temurun tanpa mencari informasi yang lebih valid atau benar. Sebenarnya yang membuat ukuran janin atau bayi itu menjadi lebih besar adalah karena nutrisi atau kalori yang berlebihan. Sumber kalori terbesar adalah pada gula, semua makanan yang manis memiliki andil besar yang menyebabkan janin atau bayi anda menjadi lebih besar. 


Kenyataannya, pada air es sebenarnya tidak mengandung kalori ataupun karbohidrat sebagaimana pada air biasa. Namun karena sudah jadi kebiasaan para ibu bila minum es selalu diikuti dengan yang manis-manis, misal gula, teh, sirup, dll maka sebenarnya yang bikin janin atau bayi besar adalah kalori yang terkandung dalam gula dan sirup tersebut.  Jadi seandainya ibu hamil banyak-banyak minum air es namun tidak ditambah dengan gula dan sirup, semestinya tidak akan menyebabkan bayi dalam kandungan menjadi besar.  


Memang mengkonsumsi atau sering meminum air es memiliki pengaruh terhadap ibu yang sedang hamil yang sehingga berpotensi janin atau bayi yang dikandungnya menjadi lebih besar dari normalnya janin, namun itu hanya kecil. Kronologi atau prosesnya adalah seperti ini, Jika seorang ibu hamil kerap kali meminum air es atau air dingin maka sebagian organ dalam khususnya organ pencernaan akan menjadi dingin,dan yang kita rasakan kita menjadi dingin dan terasa segar di badan. Namun tahukah anda, bahwa tubuh kita normalnya adalah hangat, jadi ketika tubuh atau badan kita dingin maka tubuh kita sendiri akan melakukan kompensasi dengan cara melakukan metabolisme yang tinggi agar tubuh atau badan kita menjadi hangat kembali. Nah, dari hal tersebut efeknya ke ibu adalah ibu akan menjadi sering lapar, sehingga akan berupaya untuk kembali makan sampai merasa kenyang. Nah, bila porsi makan khususnya nasinya bertambah, maka kalori yang diserap janinpun akan menjadi lebih banyak dan akan menyebabkan kandungan atau janin menjadi lebih besar.

Baiklah, itu yang bisa kami paparkan tentang "Apakah Benar Ibu Hamil yang Sering Minum Air Es akan Bikin Janin atau Bayi yang Dikandungnya Menjadi lebih besar?" Jadi kesimpulannya, minum air es atau air dingin saat hamil tidak apa-apa asalkan jangan sering-sering menambahkan gula atau pemanis didalamnya. Kalo sesekali sih tidak apa-apa, yang penting jangan terlalu sering. Nah, untuk minum air es atau air dinginnya pun jangan terlalu sering karena bisa bikin anda jadi lapar mulu, hehe..

Baik, hanya itu yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat ya..
Jadi, Jangan Takut Minum Es Saat Hamil.

Artikel SITUS MEDIS Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 SITUS MEDIS | Design by Bamz